Jenis dan Perawatan : Ayam Aduan Berkwalitas Unggul

Jenis Ayam Aduan

Jenis ayam aduan ada banyak sekali, pada setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Bukan itu saja kalian juga harus mengerti cara merawat sesuai dengan jenis ayam aduan tersebut. Contohnya untuk ayam bangkok kelebihannya memiliki kelincahan gerak dan juga ketahanan badan yang sangat keras, namun kelemahannya gampang terserang penyakit. Nah cara untuk perawatannya juga berbeda dengan ayam aduan lainnya kalian harus bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk ayam aduan yang kalian miliki dan juga apa yang tidak boleh.

Jenis Ayam Aduan

Dibawah ini merupakan 10 jenis ayam aduan yang banyak diminati oleh para bebotoh diseluruh indonesia untuk dilagakan. Kami dari bandar s128 juga ingin memberikan perawatan umum yang bisa kalian gunakan untuk semua ayam aduan namun kalian jarus mengerti terlebih dahulu apa saja jenis yang banyak diminati diseluruh indonesia agar tidak salah dalam memilih.

1. Ayam Birma/Burma

Ayam Birma yaitu ayam liar atau biasa di sebut dengan ayam kampung yang berasal dari Burma atau Myanmar. Ayam birma akhir-akhir ini begitu di gemari oleh pengagum sabung ayam, baik untuk ayam laga ataupun untuk dikoleksi. Nyatanya memiliki ukuran tubuh yang kecil begitu bermanfaat saat di arena pertarungan, umumnya ia lebih lincah serta gesit untuk menyerang ataupun hindari serangan dari lawan.

Karakter ayam birma yang kuat, kerapkali memberi inspirasi pada beberapa pengagum sabung ayam untuk mengawinkan ayam birma dengan ayam bangkok dengan mempunyai tujuan supaya keterunan yang di hasilkan membawa dari karakter induk, mempunyai tubuh besar serta kaki kekar seperti ayam bangkok serta dapat bertarung yang lincah serta gesit seperti ayam birma.

 

2. Ayam Shamo

Ayam shamo adalah ayam petarung unggulan yang berasal dari negara Jepang. Ayam shamo juga tergolong ayam aduan yang memiliki kualitas bagus saat berlaga serta memiliki postur tubuh cukup tinggi tegap. Shamo memiiki arti Jagoan. Jadi ayam Shamo adalah ayam jagoan. Ada juga yang menyebutnya sebagai “Ninja Mini dari Jepang”.

Meski ukuran tubuhnya tidak sebesar Ayam Bangkok, namun perlu kita akui bahwa ayam Shamo memiliki tubuh yang atlhetis dibandingkan ayam petarung lainnya. Gaya bertarung: pukulan yang akurat dilepaskan dititik-titik sensitif, seperti mata dan telinga untuk melumpuhkan lawan.

3. Ayam Bangkok

Diatara demikian banyak jenis sabung ayam di indonesia, ayam bangkok merupakan yang paling popiler di kelompok pengemar sabung ayam di semua penjuru indonesia. Sesuai sama julukannya ayam ini berasal dari kota Bangkok, Thailand. Baca juga : Harga dan Jenis Ayam Bangkok Brajamusti Hingga 250juta Rupiah

Satu diantara kelebihan ayam ini ia mempunyai mental baja dan mampu bertarung sampai mati. Benar-benear ayam petarung yang tangguh, oleh karena itu sangat banyak pengemar sabung ayam suka pada ayam ini. Lantaran ayam ini memiliki jiwa petarung yang tiada duanya.

4. Ayam Saigon

Ayam Saigon menjadi salah satu jenis ayam laga hasil persilangan yang dikembangkan di Vietnam. Ayam ini kerap disebut ayam Vietnam. Ayam saigon masuk ke Indonesia sesudah ayam Bangkok namum sayangnya kepopulerannya tidak secermelang ayam Bangkok ataupun ayam birma. Diluar itu peminat ayam saigon juga termasuk sedikit.

Ciri-ciri ayam vietnam atau saigon terletak di bagian kelapanya yang tidak di tumbuhi bulu sebagaimana ayam biasanya. Hal ini dapat membuat ayam ini jadi popular dikalangan pengemar sabung ayam. Diluar itu ayam saigon dapat mempunyai bulu ekor yang pendek.

5. Ayam Filipina

Ayam Filipina yaitu salah satu jenis ayam laga yang paling popular di kelompok pengemar sabung ayam. Selain memiliki badan yang kekar, ayam ini dapat mempunyai bulu yang lebat dan indah. Warna bulunya beragam, dari mulai hijau, merah, putih serta kuning.

Ada beberapa jenis Ayam Filipina yang di sebut dengan Grey Cockfight dengan bulu yang indah juga di kenal jadi jagoaan dalam bertarung. Lalu yang berwarna bulu merah di sebut Alba. Serta yang paling akhir yaitu Sweater Roundhead dengan postur badan yang paling tegap serta singset.

6. Ayam Siam

Ayam siam adalah ayam petarung yang juga banyak di budidayakan di indonesia. ayam ini dapat di latih kusus serta diturunkan di beberapa tipe arena, untuk permasalahan kualitas dari ayam siam asli juga menarik yang condong mempunyai banyak gaya bertarung yang variatif.

Ayam siam juga termasuk ayam aduan yang mempunyai performa cukup baik waktu di arena. Mental baja serta tidak mudah menyerah merupakan ciri khusus dan karakter dari Ayam Siam. Diluar itu pukulan ayam siam juga termasuk menyakitkan, keras, dan mematikan.

7. Ayam Peru/Peruvian

Ayam Peru Atau Yang Biasa di Sebut Ayam Peruvian Merupakan Sabung Ayam Yang Berasal Dari Negara Peru. Sabung Ayam peru sendiri sering digunakan dalam acara pertandingan laga ayam pisau peruvian cockfighting yang diselenggarakan secara nasional di salah satu negara di Amerika Latin.

Keunggulan Ayam peru ini sering dipakai untuk ayam aduan piso, atau taji. Sehingga senjata paling utama serta ketrampilan ayam Peruvian yaitu menyerang dengan memakai taji. Gerakan Sabung Ayam Peruvian ini cukup lincah dalam bertarung serta memiliki power yang besar, dapat bergerak cepat untuk menghindar ataupun menyerang.

8. Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy adalah salah satu generasi ayam aduan modern yang berasal dari sebuah daerah di Selatan Kota Bangkok, Thailand. Nama pakhoy sendiri sengaja diberikan pada ayam petarung satu ini untuk mengingatkan kalau ayam ini sangat berbahaya.

Pakhoy dalam bahasa Thailand bermakna penumpas atau pembunuh setan. Arti setan yang disebut dalam nama ini yaitu sebutan untuk ayam yang pernah menaklukkan ayam bangkok super pada masa lalu.

9. Ayam Ciparage

Ayam Ciparage adalah ayam petarung asli Indonesia yang legendaris, berasal dari dusun Ciparage, Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Menurut Agen Sabung Ayam, konon ayam Ciparage, Ayam petarung asli Indonesia ini adalah keturunan ayam laga milik Adipati Singaperbangsa yang kesohor pada zaman dulu. Populasi ayam Ciparage ini tidak terdata dengan pasti, sehingga oleh beberapa ahli sejarah menganggapnya sudah punah.

10. Ayam Aseel / Asil

Ayam Aseel adalah jenis ayam aduan yang begitu tua dari daerah INDIA/PAKISTAN serta sudah di besarkan disana sebagai ayam petarung selama beratus-ratus tahun. ” Asil ” datang dari bahasa Arab yang bermakna ” murni ” atau ” ras, serta dieja ‘Aseel’.

Ayam Aseel memiliki postur tubuh yang tegap sebagaimana ayam laga pada umumnya. Kepala dan leher besar dengan pial berbentuk pea. Paruh tebal, kadang juga meruncing seperti paruh elang. Kaki memiliki pertulangan yang tebal dan kokoh.

Merawat Ayam Aduan

Untuk perawatannya sendiri berbeda sesuai dengan jenis ayam aduannya. Kami dari agen s128 akan memberikan tips untuk merawat ayam aduan yang tepat sesuai dengan yang sudah kami dapatkan dari ahli bebotoh diseluruh indonesia. Jadi kalian bisa juga menggunakan artikel ini sebagai patokan cara merawat dan juga jenis ayam aduan yang ingin kalian gunakan untuk mengikuti laga baik itu resmi ataupun ilegal.

  1. Pakan Ayam
    Pakan merupakan hal yang utama dan sangat penting disediakan dalam usaha perawatan ayam Bangkok. Pakan ini memiliki fungsi yang sangat banyak seperti sebagai semuber energy bagi ternak sehingga menghasilkan tingkah laku, performa, dan perilaku yang baik ketika ayam aduan bertarung.Dalam memberikan pakan ayam Bangkok juga harus disesuaikan dengan takaran yang pas misalnya harus sesuai dengan berat badan ayam Bangkok tersebut. Biasanya ayam Bangkok yang memiliki berat badang 3 hingga 4 kg harus diberikan pakan sebesar 200 – 300 gram terhitung dalam setiap memberikan pakan jadi bukan dalam sehari. Selain berat badan, juga harus disesuaikan antara pakan untuk ayam yang masih kecil dengan pakan ayam yang sudah besar. Bahkan untuk ayam yang sudah dewasa juga selalu berbeda sesuai dengan keinginan si peternnak. Kalau misalnya untuk dijadikan ayam aduan biasanya pakan ditambah dengan jagung yang masih utuh yang gunanya untuk melatih paruh ayam agar menjadi kuat.
  2. Memandikan Ayam
    Memandikan ayam sangat perlu dilakukan agar ayam memperoleh penampilan yang menarik. Memnadikan ayam juga harus dilakukan setiap hari dan jangan asal-asalan ketika memandikannya. Karena ayam yang memiliki penampilan menarik dan juga bersih akan mempengaruhi performa ayam ketika akan bertarung. Dalam memandikan ayam Bangkok ini juga ada waktu-waktu yang baik. Waktu tersebut adalah sekitar pukul 08.00 pagi, namun dilihat dulu jangan ketika saat hujan. Selain itu dalam memandikannya pun juga ada caranya. Namun sebelumnya dalam memandikan ayam Bangkok harus digunakan air yang bersih dari sumur, tidak menggunakan sabun, tidak menggunakan air hangat karena biasanya air hangat justru akan merusak jaringan pertumbuhan pada bulu ayam.
  3. Menjemur Ayam
    Penjemuran biasanya dilakukan setelah selesai mandi yaitu dengan memasukkan ayam ke dalam kurungan bulat kemudian diletakkan di bawah sinar matahari pagi dan bagian bawah kurungan diberi papan atau alas supaya ayam tidak berguling-guling dan kotor lagi. Waktu yang paling tepat dalam melakukan penjemuran ini adalah sekitar pukul 08.00 hingga pukul 10.00 saja. Hal ini bertujuan untuk membantu proses pertumbuhan tulang dan bulu pada ayam. Selain itu dapat berkhasiat membuat ayam menjadi lebih sehat dan bugar. Karena sinar matahari langsung pada pagi hari mengandung vitamin D dan dapat membentuk inaktif yang baik untuk tulang ayam. Namun perlu diingat bahwa ketika memandikan ayam jangan sekali-kali untuk menjemur ayam dalam wadah atau ember karena tidak baik.

Demikianlah informasi yang bisa kami sajikan tentang ayam aduan, semoga bisa bermanfaat bagi para bebotoh diseluruh indonesia dan juga jika kalian berkenan dan merasa artikel ini bermanfaat, kalian juga bisa mengsharenya untuk para bebotoh lainnya agar mereka juga mengertahui cara untuk merawat ayam aduan, terimakasih telah berkunjung diblog kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *